Rabu, 17 Oktober 2012

Logaritma

Pembelajaran matematika di sekolah telah mengalami perkembangan. Telah banyak model pembelajaran diaplikasikan para educator dalam penyajian matematika.

Namun, pembelajaran di sekolah masih meninggalkan pertanyaan, "Mengapa kita harus belajar ini, belajar itu?" atau pertanyaan lain yang sejenis.
Andai kita ambil satu contoh,
"Untuk apa kita belajar Logaritma?"

Entitas matematika yang abstrak seyogyanya disampaikan mulai dari sesuatu yang sangat konkret dan kontekstual. Hal ini akan menumbuhkan motivasi intrinsik pebelajar untuk menguasai matematika.

Logaritma diajarkan pada tingkat sekolah menengah pertama. Namun, sebagian besar peserta belajar belum memahami untuk apa mereka harus menguasai materi itu. Sungguh, hal itu merupakan implikasi dari penyajian yang tak dapat menumbukan motivasi intrinsik tadi.

Membahas logaritma,
Umumnya pembahasan itu dimulai dari bentuk pangakat seperti berikut,
2^x = 8
berapakah nilai x yang memenuhi persamaan tersebut?
Maka, alternatif solusinya menggunakan logaritma.

Salah satu aplikasinya dalam kehidupan adalah pada ekonomi perbankan. Misal, diketahui besarnya suatu modal dibungakan dan bunganya dalam priode tertentu. Dalam suatu jangka waktu, modal tersebut bertambah menjadi sekian. Dalam kasus tersebut, lamanya jangka waktu modal dibungakan dapat dihitung dengan logaritma.


salam matematika,

0 komentar:

Posting Komentar